Add caption |
Cianjur dengan wilayah yang sangat luas, dengan kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah,, hadirnya padi pandan wangi, ayam pelung, manisan cianjur, pengrajin bambu dll yang masih banyak cirikhas yang masih terpendam didaerah masing" yang belum diketahui oleh pemerintah Cianjur yang bisa menghiasi cianjur.
Cianjur memiliki filosofi yakni NGAOS, MAMAOS dan MAEN PO yang mengingatkan pada kita semua tentang 3 (tiga) aspek keparipurnaan hidup.
- NGAOS adalah tradisi mengaji yang mewarnai suasana dan nuansa Cianjur dengan masyarakat yang dilekati dengan keberagamaan. Citra sebagai daerah agamis ini konon sudah terintis sejak Cianjur lahir sekitar tahun 1677 dimana wilayah Cianjur ini dibangun oleh para ulama dan santri tempo dulu yang gencar mengembangkan syiar Islam. Itulah sebabnya Cianjur juga sempat mendapat julukan gudang santri dan kyai sehingga mendapat julukan KOTA SANTRI. Bila di tengok sekilas sejarah perjuangan di tatar Cianjur jauh sebelum masa perang kemerdekaan, bahwa kekuatan-kekuatan perjuangan kemerdekaan pada masa itu tumbuh dan bergolak pula di pondok-pondok pesantren. Banyak pejuang-pejuang yang meminta restu para kyai sebelum berangkat ke medan perang. Mereka baru merasakan lengkap dan percaya diri berangkat ke medan juang setelah mendapat restu para kyai.
- MAMAOS adalah Seni Budaya yang menggambarkan kehalusan budi dan rasa menjadi perekat persaudaraan dan kekeluargaan dalam tatapergaulan hidup. Seni mamaos tembang sunda Tembang Cianjuran lahir dari hasil cipta, rasa dan karsa Bupati Cianjur R. Aria Adipati Kusumahningrat yang dikenal dengan sebutan Dalem Pancaniti. Ia menjadi dalem tatar Cianjur sekitar tahun 1834-1862. Seni mamaos ini terdiri dari alat kecapi indung (Kecapi besar dan Kecapi rincik (kecapi kecil) serta sebuah suling yang mengiringi panembanan atau juru. Pada umumnya syair mamaos ini lebih banyak mengungkapkan puji-pujian akan kebesaran Tuhan dengan segala hasil ciptaan-Nya.
- Sedangkan MAEN PO adalah seni bela diri pencak silat yang menggambarkan keterampilan dan ketangguhan. Pencipta dan penyebar maenpo ini adalah R. Djadjaperbata atau dikenal dengan nama R. H. Ibrahim, aliran ini mempunyai ciri permainan rasa yaitu sensitivitas atau kepekaan yang mampu membaca segala gerak lawan ketika anggota badan saling bersentuhan. Dalam maenpo dikenal ilmu Liliwatan (penghindaran) dan Peupeuhan (pukulan).
Sedih ketika Cianjur pada masa saat ini sangat jauh dari yang digambarkan dengan Filosofi 3 pilar budayanya, sekarang ini banyak permasalah yang timbul dimulai dari pemerintahan cianjur yang sangat eror, penduduknya yang sudah mulai melupakan sejarah asal usul cianjur, pergaulan yang mulai tidak mencerminkan sebagai Muslim.. kekecewaan terhadap pemerintah yang tidakbisa mengelola luasnya cianjur mereka hanya mementingkan Cianjur Perkotaan sedangkan jika dilihat secara letak geografi yang termasuk Cianur selatan itu diawali dari Sukanagara hingga Cidaun ( Kota Kelahiran . membahas cianjur secara keseluruhan seperti mengorek luka lama maka dari itu saya hanya ingin bercerita mengenai cidaun.
Cidaun, pantai yang mebentang luas biota laut yang sangat beragam dengan penuh mitos,. yang sangat saya kecewakan dari pemerintah cianjur mereka tidak tegas dalam mengambil keputusan banyak centeng" yang berkeliaran, pasir besi dikeruk seenaknya mereka tidak melihat dampak yang akan dialami oleh masyarakatnya. saya rasa wacana akan tergenangnya cidaun oleh air akan terlaksana, "ini bukan do'a yah" setelah melihat situasi dan kondisi kejadian itu sepertinya akan terjadi,, pemerintah yang banyak janji tentunya tidak ditepati yah, korupsi yang bebas seperti leho ketika flu tiba @Kesel atuh da.. lokalisasi di cidaun dibiarkan tanpa ditindak WARSET (Warung Setan),Nelayan yang susah mencari nafkah karena susahnya mendapatkan ikan. saya rasa jika permasalahan ini tidak segera diatasi maka cianjur akan menjadi kota yang tertinggal banyak penduduk yang kelaparan karena susahnya mendapatkan rezeki, Saya jadi teringat kepada kisah Ummar bin Khottob ketika daerahnya ada yang terkena musibah besar, beliau hanya berkata Innalillahi, Dosa apa yang telah kalian perbuat.. bisa jadi karena kedzaliman ini dibiarkan WARSET yang berdirikokoh didaerah pesisir, ini akan membuat warga sekitar disusahkan oleh alloh untukmendapatkan rezekinya.
Comments
Post a Comment